Pembaharuan Aplikasi Siperlatin Versi 1.1 Untuk Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

,

Manokwari, 20 Juli 2023 – Dalam pembuatan sebuah aplikasi, proses monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan sangat penting untuk dilaksanakan. Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi dan selalu mengikuti apa yang menjadi kebutuhan pengguna dalam bekerja, sehingga perlu dibuat fitur baru yang dapat mendukung hal tersebut.

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam Monev aplikasi adalah peningkatan pada aspek user experience. Sebegai programmer tentu kita tidak ingin pengguna nantinya mengalami error saat mengakses, maka dari itu proses ini sangat krusial dilakukan untuk memastikan sebuah aplikasi yang reliable.

Latar belakang

Kegiatan Monev terbatas ini dilakukan antara Kasubag Keuangan dan Pelaporan sebagai inisiator pembuatan aplikasi dan Programmer PTA Papua Barat untuk Aplikasi Siperlatin(Sistem Perawatan Peralatan dan Mesin). Hal ini menindak lanjuti peluncuran aplikasi Siperlatin versi 1.0 yang telah dilakukan sebelumnya, setelah dilihat dalam uji coba maka dipandang perlu untuk melakukan penyempurnaan. Ada beberapa hal yang perlu untuk untuk diperbaiki, ada pula pembuatan modul baru.

Diberitakan sebelumnya, bidang kesekretariatan PTA Papua Barat menciptakan aplikasi unggulan untuk mempermudah pekerjaan dalam manajemen Barang Milik Negara serta meningkatkan produktivitas. Aplikasi ini memanfaatkan fitur QR Code yang bermanfaat untuk mempermudah mengakses spesifikasi barang yang dimaksud serta melihat history transaksi perawatan peralatan/mesin jika ada.

Baca juga: Mempermudah Pengelolaan BMN, Kesekretariatan PTA Papua Barat Membuat Aplikasi SIPERLATIN – Sistem Perawatan Peralatan dan Mesin

Fitur dan perbaikan

Ada beberapa perbaikan dan fitur yang di hadirkan dalam aplikasi Siperlatin versi 1,1 ini antara lain:

  • Pembuatan modul untuk mencetak laporan transaksi dengan format PDF
  • Pembuatan modul dashboard yang menampilkan grafik transaksi secara kumulatif
  • Pembuatan modul pencarian barang pada menu referensi barang.
  • Perbaikan modul pencatatan transaksi yang lebih terorganisir
  • Update data barang berupa gambar agar lebih informatif

Dengan melakukan kegiatan Monev aplikasi secara kontinyu, diharapkan aplikasi Siperlatin ini dapat menjadi pioneer lahirnya aplikasi-aplikasi unggulan yang lain terutama di lingkungan PTA Papua Barat. Terlebih lagi PTA Papua Barat sebagai satker yang baru saja berdiri, tentu masih membutuhkan banyak sumbangsih berupa karya dari para aparaturnya yang berdampak langsung dalam mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Dokumentasi

Modul dashboard menampilkan grafik transaksi
Tampilan modul transaksi perawatan yang diperbaharui
Tombol menu cetak laporan
Mencetak laporan dalam bentuk PDF
Penambahan modul pencarian barang

3 responses to “Pembaharuan Aplikasi Siperlatin Versi 1.1 Untuk Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja”
  1. Urip Hanur Avatar
    Urip Hanur

    Aplikasi yang menakjubkan mempermudah pekerjaan, mantap PTA Papua Barat semangat terus tambah sukses

  2. Syamsul Bahri Avatar

    Versi terbaru.. semakin komplit semakin Jozzzz…..

  3. Syamsul Bahri Avatar

    Sinergitas antar Sub Bagian… Suriakencana Inisiatornya, Untuk kinerja di Sub TURT, dan Programernya Sub Kepegawaian IT….. Jozzzz bin Kharaaazzzzz…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini

Komentar Terakhir

Copyright 2023. PTA Pabar News. All Right Reserved.