Kegiatan Bimbingan Teknis Kesekretariatan dan Kepaniteraan di Lingkungan PTA Papua Barat

, ,

Manokwari, 25 September 2023 – Dalam rangka meningkatkan kompetensi Tenaga Teknis Kesekretariatan dan Kepaniteraan, Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis di Lingkungan PTA Papua Barat pada Kamis (24/09) s/d Sabtu (25/09). Bimtek tersebut dilaksanakan di Ballroom Mansinam Beach Hotel dengan peserta terdiri dari Pejabat Kesekretariatan dan Kepaniteraan dari seluruh wilayah hukum PTA Papua Barat antara lain PA Manokwari, PA Sorong, PA Fakfak dan PA Kaimana.

Pembukaan

Kegiatan Bimtek dibuka secara resmi oleh KPTA Papua Barat Dr. H. AHMAD FATHONI, S.H., M.Hum. Pemukulan Tifa menjadi penanda dimulainya kegiatan Bimtek ini. Beliau menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir pada pelaksanaan Bimtek ini agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Kegiatan diawali dengan penyampaian presentasi capaian kinerja dari masing-masing satker Pengadilan Agama dibawah wilayah PTA Papua Barat. Masing-masing PA bergantian memaparkan presentasi dihadapan Pimpinan dan seluruh peserta yang hadir pada malam hari ini.

Selanjutnya memasuki hari ke-2, pemateri diisi dari pihak BKN Provinsi Papua Barat berkaitan dengan manajemen data kepegawaian melalui aplikasi SAPK.

Pembinaan Oleh Narasumber YM Hakim Agung Dr. H. Edi Riadi, S.H. M.H.

Ada yang spesial didalam kegiatan Bimbingan Teknis kali ini dikarenakan dihadiri secara langsung oleh YM Hakim Agung Dr. H. Edi Riadi, S.H. M.H. Tentu saja hal ini merupakan sebuah kehormatan bagi keluarga besar PTA Papua Barat dikarenakan dengan berbagai kesibukanya, beliau berkenan untuk hadir di dalam kegiatan Bimtek ini untuk memberikan pembinaan kepada seluruh peserta Bimtek.

Selain dalam rangka pembinaan, pada kesempatan ini Beliau juga berkenan menyampaikan materi berkaitan dengan perkara Waris. Dengan penyampaian materi ini diharapkan semakin menambah khazanah keilmuwan perihal Kewarisan kepada seluruh peserta terutama aparatur Kepaniteraan.

Momen seperti ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta, mengingat beliau Hakim Agung tidak selalu bisa menghadiri kegiatan semacam ini. Maka dari itu banyak dari para peserta yang melontarkan berbagai pertanyaan kepada narasumber sehingga terjadi diskusi yang cukup intens..

Penutupan

Didalam sesi penutupan Bimtek ini masih ada satu kegiatan yang masih tersisa yaitu pemberian anugerah penghargaan kepada satker-satker Pengadilan Agama dibawah wilayah hukum PTA Papua Barat. Ada beberapa kategori yang diperlombakan antara lain kategori SIPP Terbaik, Kategori Mediasi Terbaik, Kategori E-Court Terbaik, Kategori gugatan mandiri terbaik, Kategori validasi keuangan terbaik, Kategori DIPA 01 terbaik, Kategori DIPA 04 terbaik, Kategori Website terbaik, Kategori CCTV Terbaik, Kategori IKPA terbaik dan Katagori sosial media terbaik.

Masing-masing perwakilan pemenang dari seluruh kategori dipanggil maju kedepan untuk menerama piagam penghargaan. Tentu saja hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi satker Pengadilan Agama yang menerima penghargaan dan menjadi pemacu untuk satker yang lain agar meningkatkan performa kinerja di masa yang akan datang.

Dokumentasi

One response to “Kegiatan Bimbingan Teknis Kesekretariatan dan Kepaniteraan di Lingkungan PTA Papua Barat”
  1. M. Hayat Avatar
    M. Hayat

    PTA PABAR ancen oye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini

Komentar Terakhir

Copyright 2023. PTA Pabar News. All Right Reserved.