Kegiatan Memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Bersama Keluarga Besar PTA Papua Barat

,

Selasa, 14 Februari 2024 – Bertempat di ruang Aula PTA Papua Barat pada hari ini dilaksanakan kegiatan memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Kegiatan dihadiri oleh seluruh aparatur PTA Papua Barat mulai dari unsur Pimpinan, Pejabat Struktural/Fungsional, Staff dan PPNPN. Ada pula rombongan tamu undangan dari PA Manokwari yang turut memeriahkan acara Isra Miraj.

Agenda utama yang akan dilaksanakan pada kegiatan Isra Miraj Nabi Muhammad pada pagi hari ini adalah ceramah keagamaan yang dibawakan langsung oleh KPTA Papua Barat Dr. H. Ahmad Fathoni, S.H., M.Hum. perihal khazanah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW serta pelajaran apa yang dapat diambil dari peristiwa tersebut.

Untuk mengatur jalanya acara, kegiatan oleh MC Hj. Khoiriyah, S.Ag., M.H. selaku MC. Sebelum masuk ke agenda utama, kegiatan diawali dengan pembacaan Doa yang dipimpin oleh Hakim Tinggi Drs.H. Muhammad Umar, S.H., M.Sy. Dilanjutkan dengan pembacaan Kallam Ilahi oleh Musa Sholawat, S.H.I.

Ceramah Keagamaan Oleh KPTA Papua Barat Dr. H. Ahmad Fathoni, S.H., M.Hum.

Sebagaimana telah kita ketahui, bahwa salah satu nilai utama peristiwa Isra’ mi’raj  Nabi Muhammad saw adalah perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari semalam. Ibadah shalat mempunyai dampak positif terhadap kehidupan manusia yang beriman, baik dalam kehidupan didunia, maupun dalam kehidupan di akhirat kelak. Dengan melakukan ibadah shalat kita ( orang beriman ) akan terhindar dari perbuatan-perbuatan keji dan munkar.

Maka dari itu hendaknya kita senatiasa memperkuat hubungan kerohanian Kita dengan Allah SWT dengan cara meningkatkan kualitas ibadah kita, baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah. Meskipun hal itu dilakukan di tengah kesibukan dan hiruk pikuk pekerjaan di jaman modern yang menuntut kita untuk bekerja cepat dan instan, namun hendaknya di setiap kesempatan senantiasa mengingat Allah SWT. Untuk itu kita perlu menyempatkan diri untuk berdzikir, berdoa, dan bersyukur kepada-Nya.

Terdapat sejumlah hikmah yang dapat dipetik oleh kaum muslimin dari peristiwa Isra Miraj. Adapun hikmah dari peristiwa Isra Miraj, antara lain:

  • Kwajiban melaksanakan shalat lima waktu
  • Senantiasa menumbuhkan dan meningkatkan kadar keimanan kita terhadap kekuasaan Allah SWT.
  • Membuat kita semakin meyakini bahwa Nabi Muhammad adalah utusan yang membawa perintah Allah SWT.
  • Meyakini bahwa setiap kesulitan pasti akan nada kemudahan dari Allah SWT, dimana setiap cobaan tersebut juga dapat meningkatkan keimanan kita atas kuasa Allah SWT.
  • Mengetahui apabila kita melanggar perintah Allah maka Allah akan menghukum kita sesuai dengan apa yang kita lakukan.
  • Mengetahui tentang tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

Dokumentasi

4 responses to “Kegiatan Memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Bersama Keluarga Besar PTA Papua Barat”
  1. Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, SH, MH Avatar
    Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, SH, MH

    Semoga dapat mengambil hikmah momentum Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

  2. Muhammad umar Avatar
    Muhammad umar

    Mantaaap isro mi’rajnya, mdh2 mi’roj kita 5 x sehari semalam semakun khusyu’….🤲🤲🤲

  3. M. Hayat Avatar
    M. Hayat

    Dengan hiknah isrok mikroj yg disampaikan YM Bpk KPTA Pabar kerja tambah semangat.

  4. Abdul Kholik Avatar
    Abdul Kholik

    Smoga banyak hikmah yg bisa diraih lewat media isra’ wa mi’raj Nabi ﷺ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini

Komentar Terakhir

Copyright 2023. PTA Pabar News. All Right Reserved.