Rangkaian Kegiatan Penutupan Rapat Kerja Daerah PTA Papua Barat

,

Manokwari, 29 Februari 2024 – Akhirnya Rapat Kerja Daerah PTA Papua Barat yang digelar selama 2 hari mulai dari tanggal 28 s/d 29 Februari 2024 telah memasuki sesi akhir. Namun demikian, kegiatan yang dilaksanakan di Mansinam Beach Hotel Manokwari ini masih menyisakan beberapa agenda. Menjelang malam, seluruh seluruh peserta undangan Rakerda telah berkumpul di ruangan Meeting room untuk mengikuti agenda kegiatan yang tersisa.

Sosialisasi penyusunan SAKIP

Sebelum memasuki sesi penutupan rapat kerja daerah PTA Papua Barat di hari terakhir ini, kegiatan diawali dengan sosialisasi SAKIP (Sistem Akuntabel Kinerja Instansi Pemerintah) oleh Sekretaris PTA Papua Barat Nurmansyah, S.Ag., M.H kepada seluruh hadirin yang telah berkumpul di ruang meeting room Mansinam Beach Hotel pada malam hari ini.

Sekretaris menekankan kepada seluruh hadirin bahwasanya pembuatan laporan SAKIP merupakan hal pokok yang harus dibuat oleh masing-masing pegawai. Hal ini dikarenakan didalam laporan SAKIP tercantum poin-poin substansial yang mencakup perencanaan, kinerja dan anggaran.

Mengingat pentingnya peranan SAKIP bagi penilaian kinerja aparatur, maka perlu dilakukan sosialisasi untuk semakin meningkatkan pemahaman mengenai tata cara penyusunan SAKIP kedepanya berikut disertai dengan contoh untuk mempermudah pengerjaan.

Beliau menjelaskan berdasarkan Peraturan Presiden No 29 tahun 2014 dijelaskan bahwa komponen-komponen penyusun SAKIP antara lain sebagai berikut:

  • Rencana strategis dan rencana kinerja tahunan
  • Rencana kinerja tahunan
  • Pengukuran kinerja setiap triwulan
  • Pengelolaan data kinerja
  • Pelaporan kinerja

Adapun dasar pertimbangan untuk menentukan target kinerja individu adalah dengan memperhatikan capaian kinerja tahun sebelumnya, tahun sekarang dan tahun berikutnya.

Agar suasana lebih meriah, Sekretaris membagikan hadiah berupa door prize kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan terkait SAKIP dengan tepat. Selain itu ada juga sesi pemutaran video interaktif agar proses pembelajaran dapat dipahami lebih maksimal.

Penyerahan hasil perumusan rapat pleno

Menginjak sesi acara selanjutnya, tim penyusun perumusan rapat pleno yang diketuai oleh Hakim Tinggi Dr. Nur Yahya, M.H. menyerahkan hasil rumusan rapat pleno yang telah selesai disusun kepada WKPTA Papua Barat Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, S.H., M.H., untuk selanjutnya hasil laporan tersebut diserahkan kepada KPTA Papua Barat Dr. H. Ahmad Fathoni, S.H.,  

Dengan demikian, Rapat Kerja Daerah PTA Papua Barat dan Pengadilan Agama sewilayah hukum PTA Papua barat dengan mengangkat tema Peningkatan Integretas dan Profesionalitas Menuju peradilan yang Agung yang dilaksanakan dari tanggal 28- 29 Februari dinyatakan telah selesai. Semoga hasil yang didapatkan dapat bermanfaat bagi kemajuan satker dibawah wilayah hukum PTA Papua Barat.

Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahunan 2024

Mengawali tahun 2024 ini, sekaligus memanfaatkan momen Rakerda, satker dari Pengadilan Agama di bawah wilayah hukum PTA Papua Barat juga melaksanakan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2024. Masing-masing Ketua dari 4 satker mengambil tempat untuk melaksanakan penandatanganan kinerja tahun 2024 di hadapan KPTA Papua Barat.

Sambutan Penutupan dari WKPTA Papua Barat

Dalam kesempatanya, WKPTA Papua Barat berkesempatan menyampaikan pidato penutupan di hadapan seluruh peserta Rakerda yang telah hadir di ruangan. Pertama-tama Beliau mengaturkan ucapan selamat kepada satker-satker PA yang telah berhasil memperoleh penghargaan dengan berbagai kategori. Semoga penghargaan tersebut dapat dimaknai untuk senantiasa meningkatkan kinerja satker di kemudian hari.

Harapanya semoga Rapat kerja Daerah yang berlangsung dari tanggal 28 – 29 Februari ini dapat menghasilkan sesuatau yang bermanfaat untuk satker-satker dibawah wilayah hukum PTA Papua Barat. Atas nama pimpinan Beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh panitia yang telah berkontribusi menyukseskan Rakerda.

Dalam kesempatan ini, WKPTA menyampaikan arahan KMA bahwasanya sebagai Hakim dan Aparatur harus memiliki kompetensi dan profesionalitas. Hal ini dapat dilakukan dengan membiasakan diri dengan membaca buku di setiap kesempatan. Harus memiliki integritas dan akhlak yang baik.

Dominasi teknologi perlahan-lahan menggantikan posisi manusia dan pekerjaan. Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus siap menghadapi kenyataan ini dengan mempersiapkan SDM unggul di bidang IT. Mengembangkan aplikasi yang telah dimiliki untuk memajukan lembaga peradilan di masa mendatang dibarengi dengan kualitas SDM yang mumpuni.

***

Akhirnya selesai sudah seluruh rangkaian acara pada sesi penutupan Rapat Kerja Daerah PTA Papua Barat yang dilaksanakan dari tanggal 2 hari dari tanggal 28 s/d 29 Februari 2924. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama-sama seluruh elemen tamu undangan dan panitia.

Dokumentasi

2 responses to “Rangkaian Kegiatan Penutupan Rapat Kerja Daerah PTA Papua Barat”
  1. M. Hayat Avatar
    M. Hayat

    PTA Pabar semakin mantab

  2. Khoiriyah Avatar
    Khoiriyah

    Jayalah PTA Papua Baratku,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2023. PTA Pabar News. All Right Reserved.