Bimbingan Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Badan Peradilan Agama

,

Jumat, 17 Mei 2024, bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat berlangsung kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama secara Daring melalui Zoom dan live streaming. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB serta diikuti oleh Tenaga Teknis PTA Papua Barat dari unsur Pimpinan, baik Ketua dan Wakil serta unsur Hakim Tinggi dan Pejabat Kepaniteraan.

Bimbingan Teknis pada kesempatan ini bertema “Contra Legem”, dan yang menjadi Narasumber adalah Yang Mulia Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H. Sebelum Narasumber menyampaikan materi, kegiatan ini dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Bapak Drs. H. Muchlis, S.H., M.H. PN.

‘’Contra Legem’’ menurut Bahasa latin berarti bertentangan dengan hukum. Dimana seorang Hakim dapat memutus perkara bisa berdasarkan Fakta Sosial yaitu Fakta dari hasil pembuktian di persidangan. Fakta yang berkembang di Tengah Masyarakat. Hakim harus merujuk pada peraturan perundangan tetapi keadilan substansial acapkali melewati garis hukum tertulis dalam perundangan tersebut. Hakim bukan corong undang-undang dan Hakim boleh menjadikan sumber hukum tidak tertulis sebagai dasar untuk mengadili

Dalam prakteknya Contra Legem ini sudah banyak terjadi didalam praktek hukum, dimana banyak hukum acara yang sudah dilanggar. Seperti Perma yang diterbitkan oleh Mahkamah Agung mengenai pemanggilan tercatat, dimana dalam hukum acara pemanggilan tersebut tidak diatur.

Referensi

Dokumentasi

3 responses to “Bimbingan Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Badan Peradilan Agama”
  1. M. Hayat Avatar
    M. Hayat

    Ayo kontra legem kt terapkan

  2. Drs. Urip, M.H. Avatar
    Drs. Urip, M.H.

    Alhamdulillah banyak ilmu yang kita peroleh, barakallah.

  3. Nur yahya Avatar
    Nur yahya

    Semoga bermanfaat ilmunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini

Komentar Terakhir

Copyright 2023. PTA Pabar News. All Right Reserved.