Panitera PTA Papua Barat Melakukan Kunjungan Ke PA Manokwari Dalam Rangka Monitoring dan Silaturahmi

Manokwari, 6 April 2023 – Hari ini tim Kepaniteraan PTA Papua Barat yang beranggotakan Panitera Drs. Fakhrurazi, M.H. dan Panitera Muda Hukum Hj. Khoiriyah, S.Ag., M.H. melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke PA Manokwari. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat secara langsung aktivitas yang berkaitan dengan pelayanan dan keperkaraan yang berlangsung di PA Manokwari.

Kami tiba di lokasi kurang lebih pukul 11.45 WIT dan disambut langsung oleh Ketua, Wakil dan Sekretaris PA Manokwari. Tim kepaniteraan menuju ruang PTSP untuk melihat aktivitas pelayanan kepada para pencari keadilan. Ruang PTSP PA Manokwari terlihat modern dengan berbagai fasilitas yang telah tersedia. Selain itu PTSP PA Manokwari terlihat sudah mengadopsi beberapa inovasi pelayanan yang dapat memudahkan pelayanan kepada para pencari keadilan.

Peran aplikasi inovasi ini sangat krusial bagi kantor pengadilan apalagi di tingkat pertama, karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat pencari keadilan. Maka dari itu perlu dikembangkan aplikasi inovasi yang dapat mengoptimalkan peran Pengadilan Agama untuk memberikan pelayanan pada masyarakat, salah satunya adalah aplikasi PACE-MACE. Aplikasi ini akan dikembangkan lebih jauh untuk dapat mempermudah para pihak mengakses salah satu produk peradilan yaitu penerbitan akta cerai. Agar lebih maksimal, Akta cerai bisa dikirmkan langsung kepada para pihak ketika sudah diterbitkan tanpa harus repot mengambil langsung ke kantor.

Sekretaris PA Manokwari sudah menjalin komunikasi yang cukup intensif dengan pihak POS Indonesia untuk dapat merealisasikan hal tersebut. Nantinya pihak POS Indonesia akan menyediakan layanan kepada PA Manokwari untuk dapat mengakses informasi berupa lokasi, ongkos kirim dan modul pembayaran. Selanjutnya dari layanan-layanan POS tersebut akan diintegrasikan dengan aplikasi PACE-MACE. Dalam kesempatan ini pula Sekretaris PA Manokwari juga meminta dukunganya kepada PTA Papua Barat terutama dari tim IT untuk dapat membantu mengembangkan aplikasi PACE-MACE agar dapat memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat, khususnya di wilayah Manokwari.

PTA Papua Barat pada prinsipnya mendukung dan mendorong sepenuhnya untuk dapat merealisasikan segala bentuk inovasi pelayanan di PA Manokwari, apalagi nantinya jika berhasil, diharapkan inovasi ini akan menjadi prototype yang dapat diimplementasikan di kantor-kantor Pengadilan Agama dibawah wilayah yurisdiksi PTA Papua Barat.

Dokumentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini

Komentar Terakhir

Copyright 2023. PTA Pabar News. All Right Reserved.