Bintal, Senin 06 November 2023: Menelusuri Jejak-jejak Manusia didalam Al-Quran

,

Manokwari, 06 November 2023 – Selepas pelaksanaan Apel pada pagi hari ini, kegiatan dilanjutkan dengan Bimbingan Mental. Dilaksanakan di ruang Aula PTA Papua Barat, Bintal diikuti oleh seluruh aparatur PTA Papua Barat mulai dari unsur Pimpinan, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural/Fungsional, Staff dan PPNPN.

Acara dipandu oleh Panitera Muda Hukum Hj. Khoiriyah, S.Ag., M.H. serta menghadirkan narasumber Hakim TInggi Drs. H. ABDUL GHOFUR, M.H. yang tentu saja sudah sangat berkompeten. Topik yang diangkat sebagai materi pada kegiatan Bimbingan Mental hari ini adalah “Menelusuri Jejak-jejak Manusia Didalam Al-Quran”.

Tugas paling utama manusia sebagai khalifah di muka bumi adalah untuk merawat alam dan membangun peradaban yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi. Hal terpenting dalam membangun peradaban yang maju adalah memberikan kontribusi dari dari para pengikutnya. Sekecil apapun sebuah kontribusi tersebut, maka akan dicatat amalnya di sisi Allah SWT.

Kontribusi manusia didalam pembangunan sebuah peradaban ada yang bersifat membangun, ada pula yang bersifat merusak. Keduanya memiliki dampak yang berbeda untuk kemajuan sebuah peradaban. Maka dari itu jangan sampai Kita masuk di golongan yang kedua ini karena untuk membangun peradaban yang berkelanjutan, kita semua harus bisa merawat serta menjaga nilai-nilai yang telah diyakini.

Dalam menjalankan tugas kekhalifahan, manusia dibekali akal fikiran dan penuntun Al Quran Al Karim untuk memimpin peradaban. Didalam Al Quran Allah SWT sudah mengajarkan kepada manusia, bahwa upaya membangun peradaban yang mampu mewujudkan kemajuan, kesejahteraan dan keselamatan setidaknya harus berasaskan kepada tiga aspek, yaitu prinsip ketuhanan, kemanusiaan dan kedamaian.

Dokumentasi

4 responses to “Bintal, Senin 06 November 2023: Menelusuri Jejak-jejak Manusia didalam Al-Quran”
  1. MUSA SHOLAWAT Avatar

    Mantap luar biasa isi tausiyahnya

  2. Dr. Drs. Abdul Ghofur, SH, MH Avatar
    Dr. Drs. Abdul Ghofur, SH, MH

    Alhamdulillah…..insha Allaah bermanfaat

  3. Nur yahya Avatar
    Nur yahya

    Nambah ilmu

  4. Muhammadong Avatar

    Mantap penyajiannya Ustaz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini

Komentar Terakhir

Copyright 2023. PTA Pabar News. All Right Reserved.