Kegiatan Pembekalan CPNS di Wilayah Hukum PTA Papua Barat Secara Daring

Manokwari, 11 Juni 2024 – Bertempat di ruang Aula PTA Papua Barat dilaksanakan kegiatan pembekalan CPNS di bawah wilayah hukum PTA Papua Barat secara daring. Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIT dan dipimpin oleh KPTA Papua Barat Dr. H. Ahmad Fathoni, S.H., M.Hum. didampingi oleh WKPTA Dr. Drs. H. Abdul Ghofur, S.H., M.H., Kabag Kepegawaian dan Perencanaan – Syamsul Bahri, S.H.I. serta Panmud Hukum. – Hj. Khoiriyah, S.Ag., M.H.

Secara umum, terdapat total 6 CPNS degan formasi Analis Perkara Peradilan yang ditempatkan di satker-satker dibawah wilayah hukum PTA Papua Barat, yaitu PA Fakfak, PA Manokwari, PA Sorong dan PA Kaimana. Masing-masing CPNS diberikan waktu untuk memperkenalkkan diri agar saling mengenal satu sama lain.

Pertama-tama KPTA Papua Barat mengucapkan selamat datang kepada seluruh CPNS di Bumi Kasuari. Beliau menambahkan dan mengingatkan agar jangan merasa berkecil hati karena memperoleh penempatan di daerah ujung timur Indonesia, terutama untuk wilayah-wilayah dengan akses terbatas seperti PA Kaimana dan PA Fakfak. Justru momentum ini harus bisa dimaksimalkan untuk senantiasa meningkaatkan kapasitas diri dengan belajar lebih giat untuk menjadi abdhi negara yang berkualitas.

Senada dengan KPTA, WKPTA juga berpesan kepada CPNS untuk bisa bersyukur karena kesempatan menjadi abdhi negara, apalagi menjadi bagian dari keluarga besar Mahkamah Agung. Tentu saja tidak semua orang mendapatkan previlege ini. Ada banyak orang yang telah mencoba mengikuti test CPNS, namun belum dapat lolos. Oleh karena itu seluruh CPNS yang saat ini bertugas dibawah wilayah hukum PTA Papua Barat saat ini merupakan bagian dari segelintir orang yang beruntung.

WKPTA menambahkan, selama menjalani tugas sebagai abdhi negara harus senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai core value ASN yaitu BERAKHLAK. Bila dijabarkan lebih lanjut, poin-poin yang terdapat dalam nilai BERAKHLAK antara lain sebagai berikut :

Berorientasi Pelayanan

  • Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.
  • Melakukan perbaikan tiada henti.

Akuntabel

  • Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.
  • Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.
  • Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Kompeten

  • Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.
  • Membantu orang lain belajar.
  • Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis

  • Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
  • Suka menolong orang lain.
  • Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal

  • Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.
  • Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Adaptif

  • Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.
  • Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.
  • Bertindak proaktif.

Kolaboratif

  • Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
  • Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.
  • Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

WKPTA mengakhiri statemen dengan berpesan kepada seluruh CPNS agar senantiasa aktif dan inisiatif. Jangan kalah dengan senior-senior yang telah lebih lama bertugas di satker. Setiap ide-ide inovasi yang dimiliki agar dapat diwujudkan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada satker masing-masing.

Selanjutnya Panitera Muda Hukum ikut serta memberikan pembekalan kepada CPNS baru. Dalam pemaparanya Beliau menyampaikan bahwasanya bidang Kepaniteraan terutama PTSP merupakan wajah pelayanan terhadap para pencari keadilan. Oleh karena itu penting sekali untuk dapat menunjukan sifat pelayanan yang baik kepada masyarakat terutama selama proses melayani para calon pencari keadilan. Apalagi di jaman digital seperti sekarang ini Mahkamah Agung telah menerapkan sejumlah modernisasi terhadap pengelolaan perkara mulai dari proses pendaftaran perkara, hingga putusan. Kehadiran CPNS yang berasal dari Gen Z diharapkan dapat mempercepat transformasi digital pada masing-masing satker.

Sebagai penutup, Kabag Kepegawaian dan Perencanaan menyampaikan garis besar peran ASN baik didalam organisasi maupun di masyarakat. Anggapan bahwa ASN adalah pejabat publik yang senantiasa harus dilayani dan dihormati hendaknya dihilangkan dari benak CPNS mulai sekarang dan seterusnya. Justru ASN merupakan abdhi dan pelayan masyarakat yang memiliki peran dan fungsi untuk menjalankan kebijakan publik di tengah-tengah masyarakat. Lebih jauh dari itu, ASN harus mampu menjalankan peranya sebagai perekat persatuan bangsa dimanapun dia ditempatkan, tidak terkecuali di wilayah timur Indonesia.

Dokumentasi

11 responses to “Kegiatan Pembekalan CPNS di Wilayah Hukum PTA Papua Barat Secara Daring”
  1. Raswin Avatar
    Raswin

    Alhamdulillah,,, semoga bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan di wilayah PTA PAPUA BARAT

  2. Dr. Drs. Abdul Ghofur, SH, MH Avatar

    Adik² CPNS merupakan calon pemimpin masa depan.

  3. M. Hayat Avatar
    M. Hayat

    PTA Pabar makin jaya

  4. Drs. Urip, M.H. Avatar

    Mantap bro semangat terus

  5. Abdul Kholik Avatar

    Smoga apa yg disampaikan,oleh nara sumber bisa dipahami dg baik dan diactualisasikan dalam kinerja sebagai CPNS yg berdedikasi tinggi, berloyalitas, beintegritas, berprestai dan sukses berkarier serta manfaat buat bangsa dan negara, aamiin

  6. Ahmad Fathoni Avatar

    Meski waktu yg singkat dan terkendala teknis jaringan, namun pesan yg kita ingin sampaikan adalah bhw para CPNS yg diterima di wilayah PTA Pabar ada 7 orang, dengan sebaran masing-masing seorang, kecuali PA Manokwari dan PTA Pabar dua pegawai. Mereka semua bagian dari keluarga besar PTA Pabar.
    Selamat datang adik adik dan anak-anak kami di PT A Papua Barat. Sukses selalu. Aamiin

  7. Akram Avatar
    Akram

    Selamat CPNS yang sudah berkiprah di daerah Papua, dan Papua Barat /Daya Khususnya,

    Intinya, Niat mau mengabdi dan tujuan mengabdi, Ikhlas dalam bekerja, Amanah tidak sekedar ucapan, jujur dalam berbuat, bertanggungjawab, dan bermental Baja,

    Menjadi Abdi Negara bukan untuk coba coba, ,

    Semangat pantang menyerah, ayo dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, ditempatkan di Papua jangan berniat hanya sebagai batu loncatan untuk mau pulang kampung, berbuatlah dimana anda di Amanahkan, Insha Allah sukses dunia akhirat,

    Kitong saja sudah lebih 20 tahun mengabdi masih kerasan hehehehe

    Colek 20 tahun keatas….. Semangat💪💪💪💪💪💪💪💪💪

  8. Muhammad Umar Avatar

    Berbekalkah dan sebaik2nya bekal adlh taqwa……

  9. Makmur Avatar
    Makmur

    CPNS sebagai Generasi Peradilan yang akan membawa pada kemajuan dunia peradilan masa yang akan datang, PTA Papua Barat mantap….

  10. faisol Avatar
    faisol

    selamat bergabug di PTA Pabar adik-adik CPNS, semoga adik2 CPNs dapat menambah pelayaan yang lebih baik, yoo semangat dan belajar terus

  11. Manik Avatar
    Manik

    Alhamdulillah…semoga apa yg disampaikan,oleh nara sumber bisa dipahami dengan baik dan diactualisasikan dalam kinerja sebagai CPNS yg berdedikasi tinggi, berloyalitas, beintegritas, berprestai dan sukses berkarier serta manfaat buat bangsa dan negara. Tetap semangat dan semoga bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan di se-wilayah PTA Papua Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright 2023. PTA Pabar News. All Right Reserved.